Siapa sih yang tidak mau performa mesin motor selalu optimal dan tetap terjaga? Semua pengendara motor pasti menginginkan hal tersebut. apalagi jika tunggangannya irit bahan bakar seperti motor 4 tak Honda.
Agar tetap prima dan optimal, tentunya mesin motor membutuhkan perawatan yang harus dilakukan secara berkala. Tujuan lainnya adalah agar umur mesin lebih panjang, antara lain;
- Periksa busi sepeda motor. Apabila sudah mencapai 12ribu kilometer, sebaiknya busi diganti. Namun jika sebelum 12ribu namun kelancaran mesin sudah tidak terasa, langsung cek kondisinya. Perhatikan juga keadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi, bila sudah cukup umur atau terlihat ada retakandan atau pengerasan di kabel, sebaiknya segera diganti.
- Cek filter karburator. Cara membersihkan filter dapat menggunakan bensin yang lalu dimulasi oli untuk filter model basah. Atau dengan cara menyemprotkan angin dengan kompresor untuk filter kering.
- Periksa setelan rantai dan gir. Jangan biarkan rantai kendut atau terlalu kencang dan jangan lupa juga untuk memakaikan pelumas rantai agar rantai dapat berputar dengan lancar. Kondisi gir juga perlu di cek dengan caracek ketajamannya. Apabila sudah menajam, sebaiknya lekas ganti karena dapat membuat rantai putus. Untuk motor matic yang menggunakan Vbelt, rantainya tidak dapat disetel dan wajib diganti setiap 25ribu km. Untuk matic cek juga kondisi gir serta kampas rem depan dan belakang.
- Cek kondisi aki. Motor-motor buatah tahun 2000 ke atar, umumnya sudah menggunakan aki kering yang tak memerlukan perawatan khusus. Tetapi hampir tiap tiga tahun sekali wajib diganti. Sedangkan aki basah perlu di cek setiap 10ribu km. Bila air aki kurang atau kering, segera diisi.
- Panaskan mesin motor. Teknik memanaskan mesin motor memang hal yang sepele, namun lebih baik hal ini dilakukan agar oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak.
- Yang terakhir adalah gunakan Suku cadang asli Honda. Harganya mungkin sedikit lebih mahal, namun kualitasnya sudah pasti jauh lebih bagus ketimbang yang palsu. Apalagi biasanya dengan memakai suku cadang asli, penunggang Honda juga akan dapat garansi dari suku cadang tersebut.
- See more at: http://www.welovehonda.com/tips-merawat-motor-4-tak#sthash.Tx2fZEzE.dpuf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar