Rabu, 23 September 2015

Salah Pasang Baut. Bahaya !!

Siapa yang tidak mengenal komponen kecil yang bernama baut ?
Memasang baut pada komponen motor harus pas, tidak terlalu kendor dan tidak terlalu kencang. Memasang baut pada body motor maupun pada komponen motor harus dipasang dengan sempurna. Jika tidak, akan menimbulkan kerusakan pada komponen kendaraan, juga beresiko menyebabkan kecelakaan karena baut yang kendur dan bisa terlepas sendiri akibat getaran konstan yang terjadi saat motor dijalankan. Jika memasang baut motor terlalu kencang dan keras, hal ini bisa menimbulkan kerugian, yaitu mengakibatkan derat menjadi aus, kerusakan pada komponen sampai kepala baut yang menjadi aus.

Memasang baut harus menggunakan Kunci Torsi. Berbeda ukuran baut maka berbeda pula torsi(tingkat kekencangan) yang diberikan. Ukuran dan material baut berpengaruh saat pemasangan/pengaplikasiannya. Contonya, material besi dengan aluminium. Material aluminium memiliki tingkat kekerasan yang berbeda dengan besi. Apabila dikencangkan dengan torsi yang sama seperti besi, risiko baut rusak atau aus dapat terjadi. Hindari pemasangan baut dibagian mesin saat mesin dalam kondisi masih panas, sebab akan menyebabkan baut tidak dapat dikencangkan.
#welovehonda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar