Siapa yang tidak mengenal komponen kecil yang bernama baut ?
Memasang baut pada komponen motor harus
pas, tidak terlalu kendor dan tidak terlalu kencang. Memasang baut pada body
motor maupun pada komponen motor harus dipasang dengan sempurna. Jika tidak,
akan menimbulkan kerusakan pada komponen kendaraan, juga beresiko menyebabkan
kecelakaan karena baut yang kendur dan bisa terlepas sendiri akibat getaran
konstan yang terjadi saat motor dijalankan. Jika memasang baut motor terlalu
kencang dan keras, hal ini bisa menimbulkan kerugian, yaitu mengakibatkan derat
menjadi aus, kerusakan pada komponen sampai kepala baut yang menjadi aus.
Memasang baut harus menggunakan Kunci
Torsi. Berbeda ukuran baut maka berbeda pula torsi(tingkat kekencangan) yang
diberikan. Ukuran dan material baut berpengaruh saat
pemasangan/pengaplikasiannya. Contonya, material besi dengan aluminium.
Material aluminium memiliki tingkat kekerasan yang berbeda dengan besi. Apabila
dikencangkan dengan torsi yang sama seperti besi, risiko baut rusak atau aus
dapat terjadi. Hindari pemasangan baut dibagian mesin saat mesin dalam kondisi
masih panas, sebab akan menyebabkan baut tidak dapat dikencangkan.
#welovehonda
simak lanjutan >> http://www.welovehonda.com/jangan-sepelekan-baut-motor-salah-pasang-bisa-bikin-celaka/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar